Perbedaan Antara Cerita Rakyat, Legenda, dan Mitos

cerita-rakyat-legenda-mitosBanyak orang yang masih belum mengerti tentang perbedaan antara legenda, mitos, dan cerita rakyat. Jadi pada dasarnya, legenda dan mitos adalah cerita rakyat. Sedangkan cerita rakyat belum tentu legenda ataupun mitos. Bingung? Silakan baca lebih lanjut artikel ini 🙂

Cerita Rakyat
Cerita Rakyat, atau yang juga disebut sebagai folklore, merupakan legenda, dongeng, lelucon, pepatah, takhayul/mitos, atau sejarah lisan yang menjadi tradisi dalam suatu budaya atau kelompok. Cerita rakyat juga menjadi sarana penyebaran berbagai tradisi budaya.

Legenda
Kata legenda diambil dari bahasa latin legere. Legenda merupakan cerita rakyat yang dihubungkan dengan sesuatu yang benar-benar terjadi atau benar-benar ada. Contohnya, legenda terbentuknya Danau Toba. Kita semua tahu bahwa Danau Toba memang benar-benar sebuah danau yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Tapi, cerita tentang sejarah terbentuknya Danau Toba, yang isinya tentang seorang Putri yang dikutuk menjadi seekor ikan karena melanggar aturan kerajaan (sumber : http://www.ceritaanak.org/index.php/menu-cerita-rakyat) adalah sebuah legenda. Artinya, tentu saja danau tersebut terbentuk secara alami, bukan secara ajaib seperti yang diceritakan oleh legenda.

Mitos
Kata mitos berasal dari bahasa Yunani mythos atau bahasa Belanda mythe. Mitos adalah jenis cerita prosa rakyat yang menceritakan kisah dengan latar masa lampau. Mitos berisi penafsiran tentang alam semesta dan keberadaan berbagai mahluk di dalamnya. Mitos dianggap benar-benar terjadi oleh yang mereka yang mempercayainya. (sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Mitos). Mitos dapat timbul sebagai catatan peristiwa sejarah yang terlalu dilebih-lebihkan, sebagai alegori atau personifikasi bagi fenomena alam, atau sebagai suatu penjelasan tentang ritual. Mereka disebarkan untuk menyampaikan pengalaman religius atau ideal, untuk membentuk model sifat-sifat tertentu, dan sebagai bahan ajaran dalam suatu komunitas.

Mitos mempunyai beberapa ciri khas. Salah satunya adalah pelaku utama yang diceritakannya, biasanya adalah manusia, pahlawan supranatural, atau para dewa.

Sebenarnya di Indonesia ada ratusan cerita rakyat karena hampir setiap daerah mempunyai setidaknya beberapa cerita. Tapi memang, tidak banyak yang menjadi populer seperti Cindelaras, Bawang Merah dan Bawang Putih, dsb.